Tips Merawat Murai Batu Pasca Mabung Biar Cepat Tuntas

Advertisement
Advertisement

http://miefbird.blogspot.com/2015/09/tips-merawat-burung-murai-batu-mabung.html

Berapa Lama Murai Batu Mabung, Bagaimana Ciri Ciri Murai Batu Saat Mabung, Mempercepat Proses Mabung Murai Batu, Perawatan Murai Mabung Dorong Ekor, Perawatan Murai Batu Mabung Nyulam, Perawatan Murai Batu Pasca Mabung, Merawat Murai Batu Saat Dorong Ekor, itulah sejumlah pertanyaan yang biasa di tanyakan para perawat pemula Burung Murai Batu di kala murai batunya sedang mabung Setiap setahun sekali, umumnya burung Muari Batu mengalami masa mabung. Pada masa itu, semua bulu mengalami rontok secara total. Cara Merawat Murai Batu yang sedang Mabung Pertama Kali agar menghindari Mabung yang Tidak Tuntas. Pakan murai batu saat mabung berikan pakan full voer. Berikut Ulasannya.

Tips Merawat Burung Murai Batu Mabung -Mabung/Ngurak atau molting atau proses rontoknya bulu lama yang akan di ganti dengan bulu yang baru, bisa juga dibilang merupakan masa cuti bagi burung dan unggas lainnya. kondisi mabung memang siklus alami bagi semua jenis burung ,jadi bukan hanya murai batu saja jenis burung lainnya juga akan mengalami rontok bulu. Sebenarnya rontok bulu itu bukan di cegah atau disegerakan prosesnya karena itu tandanya mencegah gejala alami pada burung anda, sebaiknya rontok bulu itu dirawat agar bisa membantu proses pemulihannya. Kesalahan dalam menangani burung mabung bisa memunclkan berbagai masalah. Karena itu, perlu penanganan tepat terhadap burung ketika menjalani masa mabungnya.

Cara merawat burung murai batu pada saat mabung, di masa- masa seperti ini pemlik burung harus memberi ekstra perhatian karena perawatannya sedikit berbeda dengan perawatan harian. Agar burung murai batu setelah mabung menjadi lebih dewasa dan tentu saja kemampuan berkicaunya juga bulunya tumbuh dengan sempurna, rapi, serta mengkilap. Berikut ini ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan oleh anda pada saat merawat burung murai batu mabung, berikut cara merawatnya.

Berikut di bawah ini adalah tips cara merawat burung murai batu pada saat mabung :

* Berikan ketenangan pada murai batu. Jauhkan dari suara-suara bising. Full kerodong di dalam rumah.

* Selama jatuh bulu berikan kebutuhan gizi murai batu dengan memperbanyak pakan voer secara penuh /total namun sesekali di beri EF (jangkrik) 3 ekor pagi dan sore, namun  kroto stop dulu.

* Mandi stop dulu dan jemur bisa dilakukan sebentar saja sekitar 10 menit. Karena burung tetap membutuhkan nutrisi sinar matahari untuk pertumbuhan bulu dan mematikan kuman/bakteri yang ada di burung.

* kebersihan sangar juga harus selalu di perhatikan,serta air minum sebaiknya kita ganti setiap harinya.

* jika ekor barunya sudah mulai tumbuh panjang kira-kira sekitar 5 cm ,burung sudah mulai bisa di mandikan itu pun hanya 1 minggu sekali dengan cara penyemprotannya yang di embunkan.

* Berikan Multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum 1x seminggu.

* Selama beristirahat,dengan pakai kerodong penuh, Master burung murai batu anda dengan suara burung lain. Seperti lovebird,ciblek, pelatuk, serindit. Simak Memaster Murai Batu.

Aturan pemasteran
*   Penempatan burung-burung master ini tidak sekaligus, tetapi bergantian, agar murai batu bisa menangkap suara isian burung master tersebut secara jelas.

*   Pergantian burung master yang mendampingi dilakukan seminggu sekali. Jika minggu pertama ditempel burung- serindit, dan lovebird, maka minggu berikutnya diganti dengan ciblek, pelatuk, dan seterusnya. Hal ini dilakukan sampai bulu-bulu barunya tumbuh sempurna.

Demikian sedikit bahasan tentang Tips Merawat Burung Murai Batu Mabung. (ngurak/moulting) yang paling utama harus di jaga adalah usahakan murai batu pada saat mabung dalam kondisi tenang, nyaman, kecukupan nutrisi dan proses pembelajaran/pemasteran dengan cara memperbanyak materi dengan suara kicau burung lain. Baca juga artikel tentang Cara Beternak Burung Murai Batu untuk Pemula

Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus miefbird untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya.

,,Sallam MuraiMania,,Sallam Dari W@,,


Advertisement