Tips Cara Cepat dan Tepat Memaster Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Bagi yang hobi dengan burung Murai Batu, tentu suara burung dan kecantikannya menjadi prioritas utama. Untuk bisa memiliki seekor burung yang suaranya bagus dan berkualitas unggul banyak cara yang bisa dilakukan, dan salah satu caranya adalah dengan proses pemasteran, yang harus dilakukan dan dijalani oleh burung tersebut agar memiliki suara atau kicauan yang merdu dan memiliki banyak variasi serta berkualitas.

Namun yang perlu di perhatikan adalah, waktu serta cara memaster murai batu tersebut. Lalu Kapan waktu yang cepat dan tepat untuk memaster murai batu yang baik?, pada dasarnya murai batu dapat dimaster mulai dari anakan atau trotolan, dewasa atau muda hutan bahkan murai batu yang sudah tua karna murai batu dapat belajar lagu baru sepanjang hidupnya. Tetapi cara efektif memaster murai batu adalah murai batu yang masih muda atau trotolan, Logikanya, jika sejak kecil sudah dibiasakan mendengar suara masteran burung, maka saat dewasa nanti memorinya akan bagus dan menirukan apa yang didengarnya sewaktu kecil. Untuk itulah pemasteran Mb anakan sangat penting untuk dilakukan sejak dini.

http://miefbird.blogspot.com/2016/01/tips-cara-memaster-murai-batu.html
Tips Cara Cepat dan Tepat Memaster Murai Batu
Cara Memaster Murai Batu tentunya berbeda-beda antara satu pakar dengan pakar yang lainnya. Walau demikian, cara-cara konvensional dengan menggunakan suara burung asli seperti burung Kapas tembak, Lovebird, Parkit, burung Kenari, burung Pancawarna, Cucak Jenggot, dan lain-lain sudah banyak ditinggalkan, dan kini banyak yang beralih ke cara yang lebih modern menggunakan audio atau MP3. Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Walau demikian, cara modern yang menggunakan audio dan MP3 dikenal lebih ringkas, memiliki hasil yang hampir sama dengan cara konvensional serta biayanya juga jauh lebih ringan.

Oke, tidak usah panjang lebar dan menurut kami, tidaklah sulit untuk melakukan hal itu. Hanya dibutuhkan keberanian, kesabaran, dan ketekunan dalam menjalankannya. Mari simak Tips Cara Cepat dan Tepat Memaster Murai Batu  berikut ini :

 Berikut Tips Cara Cepat dan Tepat Memaster Murai Batu 


1. Memaster murai batu dengan suara CD audio atau mp3, suara burung dari handphone atau CD/mp3 player, usahakan CD audio atau mp3 mempunyai kwalitas yang bagus anda dapat mendownload atau membeli sepaket dengan media playernya. Kelebihan memaster dengan cara ini lebih hemat biaya dan hemat tempat.

2. Memaster murai batu dengan burung asli seperti cililin, lovebird, kenari, cucak jenggot, kapas tembak atau murai batu yang sudah jadi dengan variasi suara yang bagus. Kelebihannya memaster dengan cara suara yang dihasilkan lebih bagus ketimbang suara dari CD audio atau mp3 dan persentase untuk diserap oleh murai batu pun lebih dibanding dari CD audio atau mp3. Pastikan burung masteran anda mempunyai kwalitas yang bagus dan tentu saja harus gacor.

3. Waktu untuk memasterpun bisa pagi, siang, sore bahkan pada malam hari, perdengarkan masteran secara singkat beberapa kali dalam sehari saja.

4. Murai batu memerlukan ketenangan saat di master. Untuk membuat burung murai batu anda lebih konsentarasi saat dimaster sebaiknya gunakan sekat atau kerodong biar tidak saling melihat.

5. Bagi anda yang menggunakan mp3, putar volume pada suara kecil atau sayup sayup saja, dan bila menggunakan burung masteran simpan agak jauh, karena di alam liarnya, ketika murai batu muda sudah bisa makan sendiri, induknya akan mengusirnya, sehingga dia akan menjauh dari murai batu dewasa, dia hanya mendengar suara orang tuanya dari kejauhan. oleh karena itu kita bisa memaster dengan cara yang sama di alam nya dengan menjauhkan burung masteran atau memperkecil volume mp3 bila menggunakan CD audio sehingga mensimulasikan apa yang terjadi di alam liar.

Catatan:
Untuk burung pemaster,usahakan jangan terlalu bayak, Fokus pada satu burung dulu saja,agar suara burung tersebut bisa di kuasai sempurna oleh murai batu.namun jika sudah sempurna mesteranya dengan burung tersebut,kita bisa memilih jenis burung pemaster lain nya..yang penting fokus dulu saja pada satu burung saat memaster.

Waktu pemasteran burung bisa kita lakukan kapan saja,bahkan bisa setiap hari.karena kita juga tidak tahu,kapan suara burung pemaster tersebut akan mengeluarkan bunyi andalan nya dengan cengkok,irama dan nada yang berbeda. Lain lagi jika kita menggunakan pemaster dengan media kaset.

Demikian Tips Cara Cepat dan Tepat Memaster Murai Batu. Semoga bermanfaat & Semoga sukses, Sallam murai mania.!!

Advertisement