Tips Cara Perawatan Pleci Sebelum Tempur Agar Tampil Nagen

Advertisement
Advertisement
Tips Cara Perawatan Pleci Sebelum Tempur/ Lomba Agar Tampil Nagen- Seperti yang kita ketahui bersama, burung Pleci (Zosterops) adalah burung koloni yang hidup secara sosial bergerombol. Mempunyai pleci juara tentu idaman semua penggemar pleci dan bisa menjadi kebanggaan bagi pemeliharanya. Tetapi ada juga yang kecewa pada pleci kacamata jagoannya karena tidak bisa tampil prima saat lomba berlangsung. Pleci yang biasanya sangat rajin berkicau dan bersuara keras saat dirumah, namun hanya mampu loncat-loncat di tenggeran dalam sangkar sewaktu di tempat lomba.

Perawatan Pleci Tempur sangat penting dilakukan terutama menjelang perlombaan tiba. Untuk melakukannya, Anda harus mempersiapkan mental pleci terlebih dahulu, sehingga pleci kesayangan pun siap untuk dilombakan.Ada beberapa tips perawatan sebelum lomba agar burung Pleci tetap berkicau lantang, nagen dan ngerol dari awal hingga akhir pada suatu kontes. Caranya sebagai berikut:

http://miefbird.blogspot.com/2016/02/tips-perawatan-pleci-sebelum-tempur.html
Cara Perawatan Pleci Sebelum Tempur


 Tips Cara Perawatan Pleci Sebelum Tempur Agar Tampil Nagen



Dalam perawatan pleci lomba ini, Anda dapat melakukan perawatan harian dengan poin-poin penting berikut ini:

1. Tahap pertama adalah dengan memandikan burung pleci di malam hari melalui penyemprotan halus memakai spray berjarak meter sampai pleci basah kuyup. Anda bisa melakukannya sekitar jam 7-9 malam.

2. Kemudian cara merawat pleci lomba berikutnya adalah dengan mengangin-anginkan burung di tempat yang terang, sambil memberinya ulat hongkong dan kroto. Ada baiknya jika Anda tak memberikan pakan berupa ulat kandang.

3. Langkah selanjutnya, Anda bisa mengkrodong pleci lalu diembunkan semalaman sampai pagi hari dengan kondisi full kerodong.
Nah, di pagi hari ketika cahaya matahari sudah mulai hangat, Anda bisa membuka kerodongnya kemudian mandikan dengan cara disemprot secara halus.

4. Tahap perawatan pleci lomba berikutnya adalah seusai mandi, berikan pleci kesayangan Anda EF, yaitu dengan memberinya ulat hongkong yang berwarna putih dan 2 sdt kroto.

5. Kemudian lakukan penjemuran di jam 7 sampai jam 10 pagi, atau bisa juga durasinya disesuaikan berdasarkan kebiasaan pleci tersebut. Jika sudah dianginkan, langkah berikutnya diangin-anginkan hingga 15 menit. Pada saat inilah, Anda bisa melihat siap atau tidakkah pleci untuk dilombakan ketika mendengar nyanyiannya, dengan suara call yang disertai ngeroll dan ngalas. Apabila hanya bersuara call, maka burung pleci Anda pun masih belum siap dilombakan.

6. Apabila sampai H-1, pleci bisa mengeluarkan kicauan suara call yang dilengkapi dengan ngeroll dan ngalasnya, juga tak merasa takut ketika didekati oleh pemiliknya/manusia, maka Anda bisa melanjutkan pleci menuju perawatan pleci lomba ketika menjelang lomba.

Menjaga birahi pleci


Menjaga birahi pleci, burung pleci yang stabil birahinya akan bisa tampil prima saat perlombaan. Sebagai pemelihara pleci anda harus tahu pola rawatan yang tepat bagi pleci anda agar kondisi birahi stabil. Karena setiap pleci berbeda-beda dalam perawatannya sesuaikan dengan karakter pleci kita.

Biasanya sebelum lomba pleci bisa dijaga pakannya 7-10 hari sebelum lomba, dan 1-2 hari menjelang lomba pleci diberi pakan yang tinggi protein. Perlu pengalaman untuk mengatur pola rawatan pleci karena karakter pleci yang berbeda-beda dan pengalaman yang berbeda pula.

Demikian  Tips Cara Perawatan Pleci Sebelum Tempur Agar Tampil Nagen, semoga bermanfaat, sallam pleman!!

Advertisement