Ciri- Ciri Murai Batu Siap Terjun Ke Medan Tempur

Advertisement
Advertisement
Ciri Tanda Murai Batu Siap Lomba, Umur Murai Siap Lomba, Tanda Murai Siap Lomba, Ciri Murai Yang Bagus Untuk Lomba - Murai batu ( copychus malabaricus) adalah salah satu keluarga dari jenis Turdidae dan jenis ini termasuk salah satu jenis burung yang mampu berkicau dengan merdu, berirama dan penuh variasi dengan suaranya yang khas. Juga termasuk burung fighter sejati yang mempunyai bentuk tubuh dan warna yang eksotis, apalagi dengan bentuk ekor yang panjang. Karenanya, sampai saat ini, burung Murai Batu masih menjadi primadona dan menempati kelas utama dalam setiap kontes dan even burung berkicau di Indonesia.

Tidak hanya itu murai batu juga dikenal karena gayanya yang atraktif dan memukau terlebih dengan naluri tempurnya yang selalu berkobar. Banyak ciri burung murai batu sudah bisa masuk kontes jika anda sudah lama bergelut di dunia burung jenis murai batu,tentunya anda tidak akan kesulitan memilih murai mana yang paling siap dan cocok untuk di terjunkan dalam kontes, kalau burung itu sudah siap untuk lomba maka burung akan menampilkan pesona terbaiknya didepan juri lomba. Dan memang kadang burung yang lebih siap inilah yang menjadi juara pada setiap perlombaan. Lantas bagaimanakah ciri-ciri murai batu siap lomba itu ? Berikut Ciri- Ciri Murai Batu Siap Terjun Ke Medan Tempur:

http://miefbird.blogspot.com/2016/02/ciri-ciri-murai-batu-siap-terjun-ke.html
Murai Batu Siap Tempur

Ciri- Ciri Murai Batu Siap Terjun Ke Medan Tempur



— Usia harus sudah mapan

Usia harus sudah mapan, dengan begitu mentalnya pun bisa stabil dan sifat fighternya tinggi, usia yang siap lomba minimal 2 tahun.

— Mata tajam

Pertama-tama, untuk mengetahui siap dan tidaknya Murai Batu, harus diperhatikan kondisi matanya. Murai Batu sehat dan siap lomba bukan hanya bening namun tampak lebih sangar dan tajam. Hal ini tidak hanya ditunjukkan ketika burung Murai bertemu atau menghadapi lawan namun dalam kondisi sendiri dan santai pun, tatapannya akan tanpak tajam. Karenanya, pandai-pandailah memperhatikan kondisi mata burung Anda jika Murai Anda adalah burung kontes.

— Kelihatan lebih kekar

Murai Batu yang siap lomba, juga ditandai dengan kondisi tubuh yang lebih kekar. Namun ini bukan berarti tubuh burung menjadi lebih gemuk berisi namun kekar dan singset.

— Bulu lebih rapi

Burung sehat ditandai dengan bulu yang indah dan rapi. Namun burung Murai Batu yang siap lomba, bulu-bulunya akan lebih rapi dan rapet sehingga tampak lebih langsing.

— Kelihatan lebih garang

Murai Batu siap lomba, juga ditandai dengan kondisinya yang lebih garang. Hal ini bisa terlihat dari perilakunya yang sering berbunyi dan mencari-cari musuh. Bahkan, jika didekati, burung akan langsung ngeplay sambil berbunyi, seakan mengajak Anda untuk bertarung.

— Ekor menyatu

Murai Batu yang siap lomba, juga ditandai dengan kondisi ekor yang rapi dan menyatu. Bahkan ketika ngeplay, gerakan atau pecutan ekor ketika burung sedang berbunyi akan lebih cepat dari biasanya.

— Nyepah kecil

Mirip dengan Cendet, Murai Batu yang siap lomba juga akan mengalami nyepah. Ukuran sepah ini biasanya berbentuk kecil.Karenanya, jika Murai Batu Anda mengeluarkan sepah, jangan heran. Ini bukan sebuah kelainan melainkan sebagai pertanda bahwa Murai Anda sedang kondisi dan minta untuk turun lomba.

— Menguasi Teknik Kicauan dan Banyak Variasi

Burung sudah bisa jika di tempatkan di mana saja, artinya burung tersebut sudah bisa beradaptasi dengan lingkunganya,dengan demikian, walaupun di tempat keramaian,burung tersebut akan terus berkicau dengan Gacor. Jika sudah kita bawa ke tempat lomba, usahakan burung tersebut sudah bisa dan menguasi teknik memiliki kicauan yang banyak dan bervariasi.

Demikian  Ciri- Ciri Murai Batu Siap Terjun Ke Medan Tempur . Namun sebenarnya masih banyak lagi cara mengenali ciri-ciri burung murai batu yang siap kontes ini, tinggal anda rajin dekat sama MB Lovers senior lalu serap ilmunya..Semoga bermanfaat dan Sallam MBmania!!

Advertisement