Ciri-Ciri Burung Lovebird Yang Siap Lomba

Advertisement
Advertisement
Para pecinta Lovebird (LB) sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Dari waktu ke waktu, LB semakin banyak diminati karena Burung Lovebird atau burung cinta ini memiliki kecantikan warna bulu dan posturnya.dan ada juga yang suka LB berawal dari iseng-iseng saja. Yang jelas, lovebird banyak disukai oleh pecinta burung. Lovebird memiliki beraneka ragam warna yang sangat indah sehingga mata kita tak akan bosan memandangnya. Lovebird dipelihara untuk tujuan yang bermacam-macam pula, ada yang untuk burung masteran, untuk breeding, dan untuk lomba atau tanding. Antusias dari peserta tanding lovebird ini pun tidaklah sedikit, ini terlihat dari disetiap lapangan latihan dan lomba burung jenis ini bisa dibilang paling banyak pesertanya.

Nah khusus untuk lovebird lomba, ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum mengikutsertakan LB jagoan anda ke arena lomba. Dan kami akan membahas tentang bagaimana ciri-ciri lovebird yang siap lomba dan kapan waktu yang tepat. Karena biasanya untuk satwa yang siap dipertandingkan akan memiliki ciri-ciri khusus, ciri-ciri tersebut bisa berupa umur yang sudah matang, birahi yang sedang naik, atau beberapa ciri-ciri lainnya. Semua hewan memiliki ciri-ciri yang tidak jauh berbeda satu sama lain, tidak terkecuali dengan jenis unggas atau burung seperti, kenari, murai batu, Kacer atau beberapa jenis burung lainnya.Berikut ini adalah Ciri- Ciri Lovebid Siap Lomba.

http://miefbird.blogspot.com/2016/02/ciri-burung-lovebird-siap-lomba.html
Ciri Lovebird Siap Lomba

 

Ciri-Ciri Burung Lovebird (LB) Yang Sudah Siap Lomba


Ada beberapa ciri-ciri yang bisa anda amati perihal lovebird anda, apakah sudah siap lomba atau belum. Berikut ini informasi lengkapnya untuk anda.

1. Kondisi kesehatan

Tentu saja lovebird bisa dikatakan siap jika sedang dalam kondisi fit/sehat. LB yang sehat akan menunjukkan penampilan terbaiknya (top perform) di lapangan. Jangan sampai memaksa lovebird lomba jika sedang mabung/molting.

2. Usia lovebird

Soal umur, lovebird memang bisa ikut lomba meskipun usianya baru 3 atau 4 bulan. Tetapi lovebird muda belumlah bagus untuk ikut lomba. Alangkah baiknya lovebird sudah berumur 6 bulan ke atas karena lovebird sudah stabil.

3. Kondisi birahi

Lovebird yang baik untuk lomba adalah lovebird yang tingkat birahinya stabil. Lovebird yang tidak stabil (OB) dijamin penampilannya akan mengecewakan. Baca tips merawat lovebird OB di sini. Meskipun lovebird tetap ngekek, tetapi mengurangi penilaian juri.

4. Rajin bunyi

Lovebird yang siap lomba bisa juga diamati dari bagaimana ia rajin berkicau. Lovebird siap lomba ditandai dengan kicauan suara ngekek panjang sambil berdiri di atas tangkringan/tenggeran. Gaya yang seperti ini disebut dengan nagen. Anda juga bisa memperhatikan bentuk dan gerakan sayapnya. Kalau burung sering mengepakkan sayap dengan ujung sayap yang menyilang, berarti sudah siap lomba. Anda bisa merawat lovebird agar cepat berkicau.

5. Lovebird latah

Latah disini maksudnya adalah lovebird mudah terpancing oleh lingkungan di sekitarnya, yaitu Lb lain yang bunyi. Biasanya lb yang siap lomba akan langsung menyahut/berkicau jika mendengar burung lain berkicau. Bahkan lovebird yang mentalnya bagus akan membalas berkicau dan membusungkan dada jika mendengar tepuk tangan atau kicauan burung lovebird lain.

Itulah beberapa Ciri-Ciri Burung Lovebird Yang Siap Lomba dan harus anda perhatikan sebelum mengikutsertakan lovebird pada lomba. Jika lovebird anda sudah memenuhi kriteria di atas, boleh saja ikut lomba. Lovebird jantan dan betina bisa ikut lomba selama kondisinya bagus. Tetap semangat merawat lovebird jagoan anda sobat. Semoga bermanfaat dan Sallam LbMania!!

Advertisement