Tips Cara Cepat Menjodohkan Kacer Untuk Pemula

Advertisement
Advertisement
Burung kacer merupakan salah satu burung yang menjadi banyak idoal bagi pecinta burung, karena kicauan dari burung ini yang terdengar nyentrik dan juga sangat lantang membuat banyak orang suka terhadap burung yang satu ini. Maka dari itu harga burung kacer masih tetap stabil di angka yang cukup lumayan. Saat ini banyak kicaumania yang mencoba menangkar kacer dengan bersungguh sungguh. Namun selalu saja ada kendala dalam beternak kacer ini terutama dalam proses penjodohan. Pada kesempatan sebelumnya kami pernah berbagi informasi Cara Mudah Beternak Burung Kacer. Namun pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang Tips Cara Cepat Menjodohkan Kacer Untuk Pemula.

Dalam proses penjodohan, sebenarnya tidak terlalu sulit. Langkah pertama pilihlah calon indukan burung kacer yang sehat, gacor atau sudah bisa bernyanyi, dan juga tidak cacat fisik. untuk induk jantan Pilihlah yang mempunyai usia lebih tua dari induk betinanya. Usia jantan sekitar 2 tahun dan betinanya sekitar 1 tahunan. Namun yang selalu jadi kendala yang sering ditemui dalam proses menjodohkan indukan kacer adalah ketika kacer jantan dan betina justru berkelahi, dan bukannya bermesraan. Jadi apa yang mesti kita lakukan biar proses penjodohannya lancar dan cepat untuk indukan kacer? Berikut ini cara menjodohkan kacer untuk beternak selengkapnya.

http://miefbird.blogspot.com/2016/02/cara-cepat-menjodohkan-kacer-untuk-pemula.html
Cara Cepat Menjodohkan Kacer


Tips Cara Cepat Menjodohkan Kacer Untuk Pemula


Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar calon indukan kacer cepat jodoh. Antara lain sebagai berikut :

1.  Masukkan calon indukan kacer betina ke dalam kandang penangkaran.

2.  Sedangkan calon indukan kacer jantan ditaruh di dalam sangkar yang berbeda. Posisinya, jangan sampai saling melihat dan cukup berjauhan. Yang penting keduanya bisa saling mendengar kicauan masing-masing.

3.  Tunggu selama beberapa hari sampai kacer betina merespon kicauan kacer jantan. Kacer betina akan menyahut kacer jantan dengan kicauannya.

4.  Jika kacer betina sudah merespon kicauan kacer jantan, dekatkan kacer jantan. Namun jangan dicampur dulu. Biarkan terpisah namun jaraknya dekat.

5.  Tunggu sampai kacer betina memunguti bahan sarang dan menatanya. Itu artinya kacer betina sudah menerima jodohnya dan siap reproduksi/siap kawin.

6.  Lalu pindahkan kacer jantan ke kandang penangkaran tersebut.

7.  Usahakan memindahkan kacer jantan saat menjelang gelap. Karena saat itulah waktu keduanya untuk beristirahat.

8.  Tunggu beberapa hari sambil terus diamati.

9.  Jika sudah berjodoh, keduanya akan kawin dan kacer betina segera bertelur.

10.Yang penting anda harus selalu mengamatinya. Jika terjadi sesuatu segera cari solusinya.

Demikian informasi tentang Tips Cara Cepat Menjodohkan Kacer Untuk Pemula. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Miefbird untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Semoga sukses. Sallam buat Kacer Mania.!!!

Advertisement