Tips Cara Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Bagus dan Sehat

Advertisement
Advertisement
Pleci atau burung kacamata adalah burung kicau yang berukuran mini dan imut. Burung kacamata yang imut ini memiliki banyak penggemar di Indonesia. Faktanya, komunitas plecimania pun terus bermunculan di mana-mana, baik yang berhimpun dalam PCMI maupun bersifat independen dan sampai saat ini, kelas pleci masih ramai dalam berbagai even lomba burung berkicau, meski tidak seheboh pada saat dulu.

Membeli burung selain melihat kicauan, bentuk fisik burung dan kesehatannya, kita juga perlu melihat kerapihan dan warna dari bulu-bulu pada burung yang akan kita beli. Demikian halnya dengan burung Pleci, Ketika bulu terlihat kusam, kusut, pecah-pecah, bahkan berubah warna, maka burung pun menjadi kurang pede untuk mengeluarkan suara kicauannya. Jika dianalogikan bulu seperti selembar baju pada burung. Jika bulu-bulu pada burung Pleci terlihat rapih dan berwarna hijau mengkilap tidak buram atau kusam maka burung akan lebih percaya diri ketika tampil diantara pleci-pleci lainnya apalagi Pleci betina.

http://miefbird.blogspot.com/2016/01/tips-cara-merawat-bulu-pleci-agar-tetap.html
Tips Cara Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Sehat dan Bagus
Kerapihan dan Warna bulu pada burung pleci tentu tidak akan terlepas dari rawatan kita selaku pemilik pleci tersebut, jika kita asal-asalan dalam perawatan hariannya, maka bulu Pleci akan cepat rusak dan kusam. oleh karena itu Kami bermaksud akan berbagi tips cara merawat bulu pleci agar tetap bagus. Tentunya agar bulu pleci tak berubah warna, kusam, atau rusak. Berikut Tips Cara Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Bagus dan Sehat.

 Tips Cara Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Bagus dan Sehat


Sebab warna bulu Pleci berubah jadi kusam.


Perubahan warna bulu bisa disebabkan beberapa faktor dari luar, sebagai berikut :
- Voer sering berganti-ganti jenis dan merk.
- Jarang sekali dimandikan atau diberi cepuk besar untuk mandi.
- Perubahan juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan.
- Pakan yang diberikan hanya berupa pakan kering, buah-buahan sangat kurang.
- Penjemuran terlalu lama dan sering dijemur berjam-jam dalam panas yang terik.

 

Cara Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Bagus dan Sehat


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keindaha bulu pleci. Caranya pun sangat mudah. Antara lain sebagai berikut :
1. Berikan sayuran dan buah-buahan untuk pleci. Usahakan memberikan buah dan sayuran yang bervariasi. Buah dan sayuran yang baik untuk bulu pleci adalah wortel, tomat, apel, jeruk.
2. Jangan menjemur terlalu lama. Jemur pleci di bawah jam 10. Karena sinar matahari di atas jam 10 justru membuat efek buruk bagi bulu pleci. Jemur saja selama 1-2 jam sebelum jam 10.

3. Usahakan pleci dimandikan secara rutin setiap hari. Baik mandi sendiri, atau mandi karamba. Karena mandi akan membuat pleci membersihkan bulu-bulunya dari oarasit, jamur, atau tungau. Sehingga bulu pleci tetap sehat dan bagus.

4. Pakan tambahan (EF) juga baik untuk kesehatan bulu pleci. Misalnya dengan memberikan tepung daging dan tepung udang. Kedua tepung tersebut bisa menjaga keindahan bulu pleci.
5. Usahakan tidak gonta-ganti voer. Cukup mantapkan hati anda untuk memilih voer. Gonta-ganti voer justru bisa merusak keindahan bulu pleci.
Demikian informasi tentang Tips Cara Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Bagus dan Sehat yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus miefbird untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!

Advertisement