Tips Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

Advertisement
Advertisement
Over birahi adalah masalah besar bagi semua pemilik burung. Pasalnya, dengan keadaan seperti ini burung akan enggan mengeluarkan suaranya atau pun berkicau. Jika hal tersebut terjadi saat hari-hari biasa, mungkin Anda bisa maklumi dan tidak masalah. Tapi coba bayangkan jika hal ini terjadi saat kontes, tentu hal ini akan mengurangi penilaian juri dan membuat burung ini menjadi kalah lomba.

Kacer yang terlalu birahi akan mengurangi performa ketika dilombakan. Kacer yang kondisinya terlalu birahi lebih baik untuk sementara waktu diistirahatkan atau diasingkan saja dulu. Kalu bisa dimasukkan ke dalam kandang umbaran dengan mengontrol porsi EF nya sampai kondisi normal kembali.Jangan diikutkan lomba dulu karena untuk menangani kacer dibutuhkan kesabaran. Dan hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan yaitu mengubah pola perawatan seperti porsi mandinya ditambah, porsi jemur dikurangi dan porsi tengger ditambah dls. Adapun untuk menangani Kacer yang terlalu birahi, mereka para pakar berpengalaman memberi Tips Cara Mengatasi Kacer Over Birahi sebagai berikut:

http://miefbird.blogspot.com/2016/01/tips-cara-mengatasi-kacer-over-birahi.htm
Tips Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

Perlu Anda ketahui dalam mengatasi kacer yang over birahi, mengapa burung ini mengalami OB? dengan mengetahui alasan kacer mengalami OB adalah tindakan penanganan yang paling baik. Pasalnya, dengan cara ini Anda akan dengan mudah menangani masalah dengan se-efektif dan secepat mungkin. sedangkan alasan umum mengapa seekor kacer mengalami OB adalah sebagai berikut:

1. Karena kacer sudah matang dan siap dikawinkan.
2. Karena terlalu banyak mengonsumsi extra food yang menambah birahi.
3. Karena kacer terlalu lama menjalani proses penjemuran.

Perlu Anda ingat, untuk alasan nomor satu, Anda tidak bisa mengatasi over birahi pada kacer selain dengan mengawinkan burung ini dengan burung yang lain. Akan tetapi, untuk alasan yang nomor 2 dan 3, Anda bisa melakukan penanganan dengan cara-cara berikut:

1. Kurangi porsi jangkrik menjadi 2 ekor setiap pagi dan sore hari.

2. Kurangi intensitas berjemur minimal 30 menit sekali berjumur saat burung sedang mengalami Over Birahi.

3. Pemberian cacing cukup 2 kali dalam seminggu, itu pun hanya 2 ekor saja setiap pemberian.

4. Perbanyak intesitas mandi, kalau perlu Anda bisa memandikan burung ini sebanyak 3 kali dalam sehari yaitu, pagi, siang, dan sore hari.

5. Lakukan proses pengembunan sesering mungkin dan akan lebih bagus proses pengembunan di perlama waktunya.

6. Pola pengumbaran dilakukan agak lama.

7. Pemberian EF kroto bisa di hentikan dulu sampai birahinya turun.

Ketika burung kacer tidak ada perubahan dari sisi birahi, stop pemberian jangkrik dan rubah pola pakan dengan menu utama diganti kroto, pemberiannya dimulai dengan porsi paling sedikit dan setiap hari terus ditambah sedikit demi sedikit. Bisanya dengan begitu burung kacer akan normal kembali dan sudah banyak kacer mania yang melakukan pola ini.

Nah, itulah Tips Cara Mengatasi Kacer Over Birahi. Ingat, OB kacer disebabkan karena terlalu banyak berjemur dan mengkonsumsi extra food. Akan tetapi, saat OB burung disebabkan karena hal yang alami, yaitu karena burung ingin kawin. Maka Anda wajib mengawinkan burung ini dengan burung kacer yang lain. Semoga tips ini bermanfaat & Sallam Kacermania!!

Advertisement