Perawatan Kenari Dan Pakan Yang Dianjurkan Saat Mabung

Advertisement
Advertisement
Perawatan Kenari Dan Pakan Yang Dianjurkan Saat Mabung - Perawatan kenari mabung, proses ganti bulu atau mabung pada burung adalah suatu siklus yang normal, begitupun dengan burung kenari yang normal pasti akan melalui siklus ini. Pergantian bulu yang lama ke pergantian bulu yang baru ini terjadi secara periodik. Selama mabung, kenari memerlukan banyak energi dan vitamin, terutama protein yang dibutuhkan minimal sejumlah seperempat dari total protein yang ada dalam tubuh untuk menghasilkan bulu baru yang baik. Oleh karena itu, hal penting yang harus anda lakukan dalam perawatan burung kenari seperti ini adalah dengan memberikan protein sebagai penggantinya. Berikut ini kami akan membahas mengenai perawatan, ciri, dan pakan saat kenari mabung.

http://miefbird.blogspot.com/2015/12/perawatan-kenari-dan-pakan-yang.html
Perawatan Kenari Mabung


Perawatan Kenari Dan Pakan Yang Dianjurkan Saat Mabung



Ciri-ciri kenari mabung:


1. Kenari jadi malas berkicau atau jika tidak intensitas gacornya berkurang.
2. Bulu kenari banyak yang berjatuhan atau rontok.
3. Pada tubuh kenari telihat bulu-bulu muda yang baru tumbuh.

Faktor penyebab kenari mabung:


1. Faktor umur, untuk kenari muda umumnya mulai mengalami masa mabung atau rontok bulu pada umur 4 bulan. Dan untuk kenari dewasa biasanya setiap 6 bulan sekali, hal in bisa saja kurang atau lebih tergantung faktor lainnya.

2. Faktor pakan, pemberian pakan yang mengandung panas berlebih dapat mempercepat proses mabung kenari, seperti biji niger seed.

3. Faktor alam, cuaca yang ekstrim serta perubahannya yang tidak menentu.

4. Faktor alami, bila burung kenari sudah memasuki masa mabung, maka secara kodratnya bulu kenari akan ambrol dengan sendirinya.

Berikut ini kami berikan tips-tips perawatan kenari saat mabung  :


1. Tempatkan kenari yang sedang mabung di tempat yang sepi atau suasananya tenang jauh dari keramaian dan lalu lalang orang dan juga aman dari gangguan binatang yang dapat mengganggu seperti kucing, anjing, tikus atau binatang lainnya. Sangkar harus dikerodong supaya suhu di dalam sangkar lebih stabil dan burung akan lebih fokus dan tenang dalam menyelesaikan proses mabungnya.

2. Angin-angin kan kenari ditempat yang tidak lansung menerima cahaya matahari, karena saat mabung kenari tidak membutukan asupan cahaya matahari langsung bagi tubuhnya.

3. Jangan mandikan kenari saat mabung, pada saat kenari merontokan bulunya dan kita memandikan mereka ini malah menghambat proses perontokan, jadi mulai mandikan kenari saat mereka memulai proses penumbuhan bulu baru bukan pada saat mereka merontokan bulunya.

4. Cukup Seminggu sekali burung dimandikan dan gunakan air mandi yang sudah dicampur dengan shampo yang mampuh membunuh kutu dan kuman juga mengandung Aloevera yang bisa menyuburkan dan menghaluskan bulu burung.

5. Setiap hari bersihkan kandang dan air minumnya diganti dengan yang baru lalu campurkan multivitamin dengan dosis yang telah di tentukan, air minum diberikan setiap hari.

6. Berikan pakan Extra fooding berupa sayuran (sawi hijau, sawi putih, slada, gambas, timun). Buah-buahan (apel, buah pir, anggur dll)

7. Selama burung dalam proses mabung, kita juga bisa memasternya dengan burung masteran ataupun suara rekaman MP3 burung masteran.

8. Berikan asupan pakan yang mengandung protein keratin, kadar protein jangan melebihi 30% karena pada saat kadar protein terlalu tinggi ini akan membuat kenari malah sering bunyi dan birahi, ini tidak bagus karena pada saat mabung kenari tidak di anjurkan untuk berbunyi. Lalu makanan apa yang dianjurkan untuk diberikan saat kenari mabung:

 Mix pakan saat kenari mabung:


1. Canary seed : Biji kenari tetap menjadi pakan utama, tetapi ingat bukan biji kenari dengan kualitas standard upayakan agar kenari mendapatkan asupan pakan yang lebih baik walaupun biasanya harganya sedikit lebih mahal.

2. Eggs food: Makanan ini sangat direkomendasikan karena kadar proteinnya 23% pas untuk kenari saat mabung, eggs food digunakan sebagai energy boost dan sumber dari biotin.

3. Flaxfeed: pakan ini seperti biji bunga matahari hanya flax lebih mungil biasanya memiliki warna coklat dan kuning, Sedikit memiliki kandungan lemak tetapi tidak berlebihan cukup sebagai asupan lemak kenari saat mabung.( Flaxseed dan eggs food untuk kenari biasanya banyak di jual di toko-toko atau hanya dapat di beli di beberapa toko online pakan burung. )

4. Sayuran: Pastikan juga meraka mendapatkan asupan sayur seperti wortel, brokoli, labu, sawi hijau, sawi putih, slada, gambas, timun dan beberapa sayuran hijau lain. Buah-buahan (apel, buah pir, anggur dll) dan beberapa sayuran hijau lain.

6. Grit : grit juga harus selalu diberikan, karena grit berfungsi untuk melancarkan sistim saluran pencernaan dan juga untuk memenuhi kebutuhan kalsium, yodium dan untuk pembentukan tulang dan bulu.

Nah, itulah Perawatan Kenari Dan Pakan Yang Dianjurkan Saat Mabung, semoga bermanfaat dan sallam kenari mania..!!

Advertisement