Cara Melatih Mental Jawara Lovebird Bakalan

Advertisement
Advertisement
Cara Melatih Mental Jawara Lovebird Bakalan- Burung Lovebird memang menjadi salah satu primadona bagi para kicaumania di indonesia, burung lovebird selain memiliki warna bulu yang cantik dan indah juga memiliki suara kicauan yang khas Ngekek. Sebagian lovebird lovers ingin memelihara burung ini hanya untuk sekadar klangenan, atau menjadi hiburan di rumah, baik lovebird suara maupun lovebird warna. Sebagian lagi ingin menjadikannya sebagai burung jawara.

Merintis Burung Lovebird jawara sejak bakalan adalah metode paling menantang dan irit dibandingkan anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli lovebird yang sudah gacor yang harganya cukup merogoh kocek, tetapi memang dibutuhkan tingkat kesulitan tersendiri dalam proses itu. Mendapatkan burung lovebird kualitas jawara tentu tidak bisa dilakukan secara instan,perlu dilakukan pelatihan khusus untuk menjaga biar tarikan nafasnya bisa panjang, sehingga mampu melagu dengan durasi yang sangat lama. Selain itu, kondisi mental burung pun juga harus diperhatikan.

http://miefbird.blogspot.com/2015/12/cara-melatih-mental-jawara-lovebird.html
Cara Melatih Mental Jawara Lovebird Bakalan

Tantangan pertama adalah pemilihan bakalan, ini lumayan cukup sulit karena biasanya loveird anakan masih mempunyai karakter sifat yang kurang lebih sama satu dengan yang lainnya, lovebird warna anakan yang berumur dibawah 3 bulan biasanya dibandrol 175.000 - 275.000 ini bisa kita dapatkan di banyak kios pasar burung. pada seleksi ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Cara Pemilihan Lovebird Bakalan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan bakalan:

1. Pilih lovebird yang sehat, perhatikan lovebird yang aktif dan lincah, terlebih lagi lovebird tersebut mendominasi sangkar ( ini jika memilih anakan lovebird dari ombyokan ) biasanya lovebird yang mendominasi akan galak terhadap yang lain dan sering membalas kicau lovebird lain.

2. Pastikan bulu dari kepala sampai ekor jangan terlihat ada yang rusak atau anggota tubuh yang terlihat cacat, ini untuk memastikan lovebird yang kita pilih bebas dari penyakit atau kutu. Karena akan membuang waktu jika kita habiskan banyak waktu hanya untuk merawat penyakit atau membersihkan kutu.

3. Ada perdebatan pemilihan jenis kelamin yang mempunyai prospek, tetapi dengan banyaknya penampilan menawan dari lovebird betina ini memastikan bahwa lovebird jantan dan betina bisa diprospek.

Rutin memandikan burung hingga basah kuyup

Memandikan lovebird hingga basah kuyup dipercaya bisa meningkatkan stamina yang membuatnya lebih rajin berbunyi dengan suaranya panjang. Cara memandikannya tidak boleh sembarangan.

Berikut Ini Salah Satu Tips Memandikan Lovebird Hingga Basah Kuyup :

1. Pagi hari, sekitar pukul 07.00, burung disemprot hingga basah menggunakan semprotan mandi / sprayer, atau menggunakan karamba / bak mandi jika kebiasaannya selama ini begitu. Yang penting, harus benar-benar dalam kondisi basah kuyup.

2. Setelah itu, burung dijemur hingga pukul 10.00 siang, kemudian dianginkan sebentar (5-10 menit).

3. Semprot kembali burung hingga basah kuyup, lalu dijemur hingga pukul 12.00.


4. Setelah dijemur, burung digantang di tempat teduh atau tempat biasanya.

5. Selama burung bersantai hingga sore hari, Anda bisa melakukan pemasteran dengan memutarkan suara rekaman burung atau menggantang burung masteran tidak jauh dari sangkarnya.

Cara Melatih Mental Jawara Lovebird Bakalan Bakalan

Seperti kita tau lovebird bukanlah burung figther, lovebird memiliki kecerdasan untuk mengingat dan sebagai burung jenis parrot lovebird memiliki emosi, emosi disini memaksudkan lovebird lebih memiliki emosi perasaan jadi jika lovebird sedang tidak mood lovebird pasti tidak akan tampil bagus.

Hal ini yang membuat banyak pemilik lovebird harus tau karakter lovebird tersebut. Lovebird yang rajin bunyi belum tentu memiliki mental baik, kebayakan lovebird akan gladakan kalau didekakti makanya mental lovebird juga perlu dibangun sejak dini sehingga kelak dia akan menjadi lovebird dengan mental jawara.

1. Biasakan anakan lovebird digantangkan di lokasi yang berbeda-beda setiap harinya, sehingga ia terbiasa beradaptasi dengan lingkungan baru, banyak orang malah melatihnya di jalan raya yang bising dengan orang yang lalu lalang.

2. Berikan tepukan tangan, siulan atau bunyi-bunyi lain sejak dini sehingga lovebird biasa dengan petanda saat kita mengharapkan mereka untuk memulai berbunyi.

3. Sejak kecil biasakan mereka untuk bertemu lovebird yang sudah rajin bunyi, ini adalah pelatihan mental sekaligus masteran untuk lovebird muda.

Dengan rutin melakukan tindakan-tindakan di atas, maka dalam beberapa minggu atau bulan lovebird bakalan akan mengalami perkembangan, misalnya menjadi lebih aktif dan lebih rajin berbunyi.

Masih banyak lagi cara untuk melatih mental burung lovebird. Anda juga sebenarnya juga bisa menemukan atau memakai cara anda sendiri untuk melatih mental burung lovebird kesayangan anda dan yang menjadi kunci utama kesuksesan adalah konsisten dan tidak mudah menyerah.


Itulah bahasan tentang Cara Melatih Mental Jawara Lovebird Bakalan yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini..,Sallam Lbmania Semoga Sukses,.

Advertisement