Tips Cara Membedakan Kacer Jantan & Betina

Advertisement
Advertisement
http://miefbird.blogspot.com/2015/10/tips-cara-membedakan-kacer-jantan-betina.html


Tips Cara Membedakan Kacer Jantan & Betina. Kacer termasuk salah satu jenis burung kicauan
popular di Indonesia.Suaranya yang nyaring, juga bervariasi,dan sifatnya sebagai burung teritorial membuat para kicaumania banyak yang terpikat. Namun masalahnya adalah bagaimana membedakan ciri jantan dan betina kacer trotol, Karena pada saat masih anakan/trotolan kacer jantan dan betina tersebut memiliki penampilan yang hampir sama. Untuk membedakan kacer jantan dan betina yang sudah dewasa memang lebih mudah ketimbang dengan kacer yang masih trotol.

Ada beberapa ciri fisik yang bisa dijadikan patokan/acuan yang bisa kita amati untuk membedakan kacer trotolan jantan atau betina. Mulai dari paruh, kepala, bulu, atau katuranggannya. Namun Selama ini, burung kacer yang banyak dicari adalah berjenis kelamin jantan, lantaran suara kicauannya lebih bervariasi dan lebih nyaring daripada burung betina, meski sebenarnya kacer betina juga memiliki kemampuan yang hampir sama dengan burung jantan. pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips tentang ciri-ciri kacer jantan dan betina untuk kicau mania yang masih kebingungan untuk membedakannya.

Berikut ini beberapa ciri fisik yang bisa kita amati kacer jantan & betina saat masih trotolan:

1. Ditinjau dari segi bulunya
Untuk menambah bukti, anda bisa juga melihat warna bulu pada anakan kacer. Untuk anakan
kacer jantan, warna bulu pada bagian punggung dan sayapnya adalah hitam gelap/legam. Sedangkan anakan kacer betina biasanya memiliki warna bulu yang hitam namun sedikit abu-abu bahkan cenderung coklat. Jadi kacer trotolan jantan memiliki warna hitam yang lebih tegas/jelas.

2. Ditinjau dari segi paruhnya
Untuk membedakan kacer jantan dan betina yang masih anakan/trotolan, anda bisa mengamati dari paruhnya. Untuk anakan kacer jantan, pada bagian bawah paruhnya (yang berbentuk huruf “ Λ “) berwarna hitam. Bentuknya pendek dan tebal. Sedangkan anakan kacer betina, warna paruhnya berwarna putih atau abu-abu.

3. Ditinjau dari segi kepalanya
Cara kedua yang bisa anda gunakan sebagai acuan untuk membedakan kacer anakan jantan atau betina adalah dari kepalanya. Kacer anakan/trotolan jantan memiliki bentuk kepala yang persegi dan rata. Sedangkan betina terlihat sedikit bulat.

4. Ditinjau dari segi gaya berdirinya/katuranggan
Cara yang terakhir untuk membedakan ciri-ciri kacer jantan dan betina trotolan adalah dilihat dari
gaya berdirinya. Disebut juga katuranggan. Untuk anakan kacer jantan, saat berdiri terlihat lebih tegap dengan dada bidang dan ramping. Sedangkan untuk anakan kacer betina, bentuk tubuhnya bulat sehingga saat berdiri terlihat gemuk/bulat. Sebagian kacermania yang sudah memahami kacer juga mengatakan bahwa ada blackspot (titik hitam) pada lidah anakan kacer jantan.

Memang saat kacer masih anakan/trotolan sedikit sulit dibedakan jenis kelaminnya. Namun 
berdasarkan dari berbagai sumber kacer mania yang berpengalaman informasi di atas setidaknya bisa memberikan sedikit referensi untuk anda. Jika mungkin masih ada tips lain yang lebih baik dan tepat untuk digunakan anda jangan ragu untuk memakainya. Bila anda membutuhkan cara memilih bakalan kacer yang berkualitas di sini.

Demikian artikel tentang Tips Cara Membedakan Kacer Jantan & Betina. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini . Simak terus miefbird untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.

Sallam KicauMania

Advertisement