Tips Cara Memaster Burung Cucak Hijau Secara Efektif dan Bagus

Advertisement
Advertisement
Tips Cara Memaster Burung Cucak Hijau Secara Efektif dan Bagus- Penelusuran yang terkait dengan memaster cucak ijo, master cucak ijo yang bagus, isian cucak ijo jawara, masteran cucak ijo juara, cara memaster cucak ijo muda, download lagu master cucak ijo mp3, agar cucak ijo rajin bunyi, cara memaster cucak ijo trotol, isian cucak ijo juara nasional, download mp3 gratis suara cucak ijo, download kicau cucak ijo full isian, download suara cucak ijo ngerol, download mp3 suara cucak ijo banyuwangi, download suara cucak ijo gacor, download suara cucak ijo juara, suara masteran cucak ijo durasi panjang, download suara cucak ijo betina, Pakan Cucak Ijo, dsb.


http://miefbird.blogspot.com/2015/09/tips-memaster-burung-cucak-hijau.html


Tips Memaster Burung Cucak Hijau-Burung cucak hijau adalah burung kicau yang memiliki karakter suara yang keras dan lantang, juga dikenal sebagai salah satu jenis burung yang pintar dan sanggup menirukan berbagai macam suara di sekelilingnya .Saat yang tepat untuk melakukan pemasteran Cucak Ijo yaitu ketika burung mengalami masa mabung atau masa istirahat burung akan mudah menerima suara yang dikeluarkan oleh burung master. Berikut beberapa tahapan yang dilakukan oleh sebagian pakar untuk memaster Cucak Ijo :


SUARA MASTER YANG BAIK UNTUK BURUNG CUCAK HIJAU (CUCAK IJO)

* Irama lagu yang dimiliki Burung Cucak Hijau peranan yang sangat penting di dalam penilaian suara burung Cucak Hijau. Karena kembali kepada filosofi burung berkicau, daya tarik utama dari burung berkicau adalah kemampuan berkicaunya (irama lagu).

* Memilih suara-suara master untuk burung Cucak Hijau janganlah terfokus hanya memilih suara-suara master yang kedengarannya unik dan bagus.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan
* Kesesuaian irama lagu dan frekuensi antara suara master dengan burung andalan kita. Ketidaksesuaian suara master dengan burung akan menyebabkan lagu yang fals dan tidak enak didengar.

* Mengikuti Trend Lagu yang ada. Misalnya tonjolan dan tembakan yang sedang digandrungi pada saat ini adalah tonjolan dengan speed rapat divariasikan dengan irama lagu yang ngeroll.

* Variasi irama lagu yang mewah. Yang dimaksud irama lagu yang mewah disini bukanlah suara tonjolan yang keras, tetapi kita harus bisa memilih suara-suara master yang memiliki variasi speed yang selaras dan irama lagu yang memiliki cengkok dan mengalun.

* Sangat banyak metode dan cara-cara yang dapat dilakukan di dalam proses pemasteran burung berkicau. Dan juga banyak sekali berkembang mitos-mitos yang keliru dalam prakteknya dilapangan.

* Salah satu mitos aneh yang berkembang, yaitu burung yang akan di master harus melihat burung masternya, agar burung yang di master dapat menirukan gaya bunyi dan cara membuka mulut burung master tersebut. Mitos lainnya yaitu proses pemasteran burung berkicau harus menunggu burung dalam keadaan ganti bulu atau mabung.

* Sebenarnya; Pemasteran dapat kita lakukan tidak harus menunggu burung berkicau dalam keadaan mabung atau berganti bulu. Burung berkicau dalam keadaan normal, bahkan dalam keadaan top form pun juga dapat dilakukan pemasteran.

* Ada Mitos yang mengatakan pemasteran burung harus menunggu masa burung mabung. Alasannya karena; Pada saat mabung, burung berkicau cenderung untuk banyak diam dan sangat jarang sekali berkicau. Burung yang banyak diam pada masa mabung tersebut, cenderung untuk lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyimak dan mengolah suara-suara yang ada disekelilingnya. Apabila suara yang didengarnya sesuai dengan tipikal karakter suaranya, maka akan direkam dan ditirukan.

* Kunci keberhasilan dalam memaster burung Cucak Hijau adalah memaster burung dengan suara-suara master (burung master) yang cocok dan sesuai dengan karakter dasar lagu burung yang akan di master (burung maskot).

* Satu lagi yang terpenting, jangan lupa untuk selalu memperdengarkan suara-suara master tersebut secara berkala (Feedback) kepada burung Cucak Hijau tersebut. Supaya irama lagu yang sudah ada tidak hilang dan menjadi rusak.


Poin penting pemasteran burung cucak hijau ternyata bergantung pada hal-hal berikut ini:

* Tempat yang tenang dan tidak muncul gangguan suara lain dari lingkungan yang bisa mempengaruhi proses pemasteran seperti tukang dagang, knalpot motor / mobil, serta suara lainnya yang mengganggu.

* Jarak ideal pemasteran adalah 3-4 meter, dengan suara volume sedang, tidak full, sehingga suara yang terdengar lebih mengalun dan tidak pecah di udara.

* Rutinitas pada jam dan waktu tertentu. Jika hari ini kita memaster burung pada pukul 07.00 – 09.00 dan pukul 15.00 – 16.00, maka untuk hari-hari berikutnya mesti menggunakan waktu yang sama.

* Karakter suara harus sesuai dengan burung yang mau dimaster. Tetapi mengingat kepintaran cucak hijau yang mampu mencerna suara apa saja (seperti beo/nuri), patut menjadi pertimbangan jika burung master harus berkarakter seperti kacer,cendet,anis merah,dan murai batu agar tidak muncul suara mati (suara di mana akhirnya membuat burung menjadi ngeban-ngeban saja).

* Untuk burung cucak hijau, waktu yang tepat dan efektif untuk memaster adalah saat burung mengalami mabung nyulam yang ditandai dengan jatuhnya 1-2 ekor bulu sayap atau ekor. Baca Cucak Ijo Mabung.

* Meski pintar merekam suara di sekelilingnya, cucak hijau dengan cepat akan melupakan suara tersebut begitu berganti lingkungan atau tidak ditempel dengan burung masterannya. Ini perlu menjadi perhatian tersendiri.

Demikian informasi mengenai Cara Memaster Burung Cucak Hijau  secara efektif menurut para pakar berpengalaman. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini . Simak terus miefbird untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya.,Sallam CHMania,,.

Advertisement