Cara Beternak Burung Lovebird Lengkap Untuk Pemula

Advertisement
Advertisement
Cara Beternak Burung Lovebird- Berikut hal hal yang terkait dengan cara ternak lovebird, cara ternak lovebird lengkap, ternak lovebird koloni, cara ternak lovebird agar cepat bertelur, beli buat ternak lovebird, artikel contoh kandang untuk beternak lovebird, cara biar lovebird cepat kawin, ternak lovebird lutino, jual box home buat ternak lovebird.

Ternak lovebird menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan, mengingat banyaknya peminat burung ini di pasaran. Selain itu, lovebird juga menjadi salah satu burung primadona yang sangat populer di negeri ini. Bagi Anda yang tertarik untuk ternak lovebird, mudah saja. Dengan modal yang tidak seberapa, keuntungan yang Anda raup akan besar. Karena kemudahan merawat burung ini, cara ternak lovebird pun tidak berbelit atau susah. Bagi Anda yang pemula, kami sediakan cara ternak lovebird yang mudah.


https://miefbird.blogspot.com/2014/09/cara-beternak-burung-lovebird-untuk.html
Cara Beternak Burung Lovebird Lengkap Untuk Pemula

Saat ini, para pecinta burung atau sebut saja kicaumania, dikejutkan dengan keberadaan burung lovebird yang terdapat di tengah-tengah masyarakat dengan tingkat permintaan yang sangat tinggi dengan Harga yang lumayan tinggi juga. Dengan adanya peluang ini, maka banyak masyarakat yang tertarik untuk mencoba menangkarkan burung lovebird ini, dengan tujuan sekedar hobi bahkan usaha sampingan keluarga. Sebagian banyak para penggemar kicaumania tertarik memelihara burung lovebird ini, karena dapat dinikmati warna bulu dan suaranya.

Nah jika anda pembaca tertarik untuk beternak burung lovebird, berikut ini saya akan bagikan informasi selengkapnya tentang bagaimana Cara Beternak Burung Lovebird Untuk Pemula.selamat menyimak.


1. Tahap Memilih Calon Indukan

- Usia lovebird yang tepat untuk berproduksi yaitu pada usia 1 tahun.

- Pilih postur badan lovebird antara kepala, leher, ekor, dan kaki yang proporsional

- Sayap mengapit kuat dan kaki mencengkram kuat.

- Bulu rapat dan tidak kusam.

- Mata burung cerah dan bersinar dengan sorot mata tajam.

- Pergerakan lovebird agresif.

- Lovebird memperlihatkan rakus terhadap makanan.


2. Pakan Yang Baik

- Sayuran segar, seperti: Kangkung, jagung muda, sawi putih, brokoli dan sayuran lainnya.

- Memberikan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual di pasaran.

- Extra fooding, berupa biji bunga matahari, biji kacang merah, biji kacang hijau, dan biji kedelai.

- Tulang sotong, untuk mencukupi kebutuhan kalsium, burung ini membutuhkan asupan kalsium tambahan. Baca Juga Pakan Lovebird Biar Cepat Birahi.



3. Sangkar Dan Perlengkapannya
- Sangkar ini banyak dijual di berbagai poultry shop. Ukuran dari sangkar ini juga berpariasi. Umumnya berukuran panjang, lebar, dan tinggi. Bahan yang digunakan kawat berdiameter 2-3 mm.

- Sangkar memerlukan benda lain yang dapat digunakan untuk kelancaran proses pemeliharaan dalam sangkar. Benda- benda tersebut antara lain tenggeran, tempat pakan, dan tempat minum.



4. Proses Penjodohan
Proses penjodohan ini dilakukan dengan mendekatkan kedua calon indukan yang akan dijodohkan ke dalam sangkar yang berbeda hingga memperlihatkan rasa ketertarikan di antara keduanya. Jika sudah memperlihatkan rasa ketertarikannya, maka kemungkinan besar burung lovebird tersebut sudah mau dijodohkan dalam satu sangkar penjodohan.



5. Proses Perkawinan
Proses perkawinan ini akan terjadi jika kedua calon induk sudah melewati proses penjodohan sehingga berjodoh. Pada proses ini akan ditandai dengan pembuatan sarang oleh lovebird dengan mengumpulkan beberapa bahan sarang ke dalam gelodok tempat bertelur. Bahan sarang yang bisa digunakan antara lain dapat berupa daun cemara kering, kulit jagung, kayu yang lunak dan beberapa benda lain yang mudah diangkut kedalam gelodok. Kemudian glodok yang digunakan sebaiknya berbahan kayu yang cukup keras seperti kayu jati dan mahoni. Perkawinan yang dilakukan berdurasi cukup lama dan dilakukan berulang- ulang dalam kurun waktu 5- 10 menit. Jika proses pembuatan sarang telah mencapai sempurna maka mereka segera akan bertelur. Telur yang dihasilkan dapat mencapai 4-6 butir telur, Jika pada proses bertelur burung menghasilkan lebih dari 8 butir telur, maka perlu diperiksa kembali jenis kelamin pasangan  lovebird tersebut.



6. Proses Pengeraman
Pengeraman akan dilakukan oleh lovebird jika telur mereka sudah dikeluarkan dari tubuh betina semua. Proses pengeraman akan berlangsung selama 21-25 hari. Namun tidak menutup kemungkinan jika telur akan menetas pada usia pengeraman setelah hari ke - 25. Hal ini sering terjadi pada saat setelah mengeram, burung betina bertelur lagi sehingga memiliki  perbedaan masa pengeraman dari telur pertama.

Setelah usia pengeraman 21-25 hari, telur yang terbuahi akan segera menetas. Pada fase ini penangkar sebaiknya lebih banyak memberikan pakan yang sifatnya lunak seperti jagung muda dan berbagai sayuran.

Demikian info yang bisa kami berikan tentang Cara Beternak Burung Lovebird Lengkap Untuk Pemula .Ikuti saja semua ulasan diatas dan semoga usaha ternak anda semua mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini. Simak terus miefbird untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya.

Advertisement