Jenis Sapi Potong Unggulan di Indonesia lengkap beserta Foto

Advertisement
Advertisement
Jenis Sapi Potong Unggulan di Indonesia Lengkap beserta Foto- Gambar Sapi pedaging ataupun sapi potong unggulan di indonesia Lengkap yang kali ini akan kami suguhkan adalah telah diklaifikasikan dengan jenis sapi menurut fungsi dan keguaannya sebagai hewan ternak. Yang meliputi sapi lokal dan sapi luar negeri. Di Negara kita Indonesia ada banyak sekali sapi unggulan baik itu sapi potong atau pedaging dan sapi perah atau penghasil susu. Selain bisa di andalkan untuk di ambil susu atau dagingnya sapi juga bisa di gunakan sebagai alat transportasi atau sebagai alat pembajak di sawah. Untuk menghilangkan rasa penasaran akan seperti apa gambaran perwujudan dari warna bulu, fisik sapi juga postur yang bisa dilihat dari kumpulan gambar sapi ini.

Sapi juga lekat sebagai mata pencaharian masyarakat. Di zaman dahulu, selain kuda, sapi sangat berguna sebagai alat  transportasi antar desa. Namun ada beberapa suku di Negara kita Indonesia menganggap sapi hewan sakral dan suci, mereka menggunakan nya dalam beberapa acara penting atau perayaan dan lain sebagainya. Sapi sudah seperti kebutuhan sehari - hari dan banyak orang menginvestasikan uangnya untuk memelihara dan beternak sapi unggul. Sapi Bali adalah banteng /Bos Sondaicos yang telah mengalami domistikasi (penjinakkan). Terdapat di Indonesia di Pulau Bali, yang dibudidayakan secara alami.

Sekarang, sapi adalah salah satu komoditas paling unggul di beberapa negara termasuk Indonesia. Banyaknya jenis sapi yang tersebar di berbagai belahan dunia menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Apalagi setiap tahunnya umat muslim merayakan hari raya qurban, mau tidak mau hal ini juga berpengaruh terhadap naiknya pamor sapi pedaging sebagai hewan yang dapat digunakan sebagai bisnis. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui jenis jenis sapi kami akan memberikan beberapa informasi kepada anda mengenai berbagai macam jenis sapi, baik itu sapi pedaging, potong, ataupun sapi pekerja. Baca: Kisaran atau Pasaran Harga Kambing Dan Sapi Kurban.

http://miefbird.blogspot.com/2016/08/jenis-sapi-potong-unggulan-di-indonesia.html
Jenis Sapi Potong  Unggulan di Indonesia lengkap beserta Foto

Baik, untuk mengetahui apa saja Jenis Sapi Potong di Indonesia baik itu unggulan pedaging, pekerja dan sapi perah simak pembahasannya di bawah ini:

Sapi Simental


Jenis sapi unggulan yang pertama adalah sapi simental, sapi ini adalah sapi yang memiliki badan yang sangat besar dan memiliki perototan yang sangat kuat. Banyak para petani sapi dan membeli salah membedakan mana sapi simental, limosin, dan Brahman. Sebab ke tiga jenis sapi ini memiliki ciri yang hampir sama dengan berat yang bisa mencapai 1 ton lebih. Sapi simental

Sapi simental berasal dari Negara Switzerlan (Swiss) dan berhasil di kembangkan secara pesat hingga saat ini di Negara Australia, Selandia baru dan benua  Amerika. Untuk tipe sapi ini memiliki dua fungsi yaitu bisa di jadikan sapi perah dan juga bisa di jadikan sapi pedaging. Berat sapi simental jantan dewasa bisa mencapai 1150 kg/ekor sedangkan untuk betina dewasa mencapai 800 kg/ekor. Baca : Daftar Harga Sapi Terbaru Semua Jenis.

Sapi PO (Peranakan Ongole)


Jenis sapi potong unggulan yang kedua adalah sapi PO atau singkatan dari Pernakan Ongole. Untuk sapi yang satu ini adalah salah satu jenis sapi lokal asli Indonesia atau biasa di sebut sapi jawa atau sapi putih. Sapi PO sendri merupakan sapi hasil persilangan antara sapi Ongole yang berasal dari india dengan sapi jawa. Selain di jadikan sapi pedaging sapi PO bisa di jadikan sapi pekerja seperti membajak sawah.

Ciri khas dari sapi Po sendiri adalah memiliki punuk dan gelambir besar dan menggelantung namun tidak sebesar sapi Ongole. Warna bulu pada sapi ini sendiri adalah putih keabu abuan, dan untuk berat sapi PO sangat bervariasi dari 220 kg sampai 600 kg/ekor.

Sapi Ongole


Kemudian ada sapi ongole, jenis sapi ini banyak di kembangkan dan di ternak di pulau Sumbawa sehingga terkenal dengan sebutan sapi SO (Sumbawa Ongole). Berbeda dengan jenis jenis sapi lain, Sapi Ongole memiliki dua fungsi yaitu pertama bisa di jadikan sebagai sapi pedaging dan kedua bisa di jadikan sapi pedaging. Keunggulan yang terdapat pada sapi ini adalah tahan lapar dan tahan tidak minum serta memiliki toleransi makanan sehingga anda bisa memberinya makan yang sederhana.

Ciri dari sapi ongole sendiri adalah memiliki punuk yang besar dan gelambir besar dari leher hingga perut lebar. Telinganya panjang dan menggantung dan bentuk kepalanya relatife pendek dan melengkung serta memiliki mata yang besar. Kemudian mempunyai tanduk yang kecil dan biasanya hanya bungkul kecil saja. Kemudian mempunyai tubuh yang besar dan berat mencapai 600 kg/ekor. Untuk warna sangat bervariasi, dari warna putih sampai putih kelabu dan campuran warna kuning orange.

Sapi Limosin (Limousine)


Sapi limosin atau sapi Diamond Limousine merupakan jenis sapi unggulan dan merupakan sapi pedaging yang menjadi andalan masyarakat Indonesia. jenis sapi ini pertama kali di kembangkan di Negara perancis dan berhasil di kembang kan di Indonesia dengan baik hingga sekarang. Sapi-limosin

Untuk sekarang di tahun 2016 ini sapi limosin memiliki harga yang tinggi jika di banding dengan sapi pedaging lainnya selain itu limosin memiliki perototan yang sangat baik jika di bandingkan dengan sapi Simental.

Baca : Foto Sapi Terbesar di Dunia.

Untuk ciri nya, sapi ini memiliki bentuk tanduk yang kecil, tubuh yang sangat besar dan memiliki perototan yang bagus serta kulit tebal dan bulu berwarna merah ke coklatan. Keunggulan sapi limosin dari jenis jenis sapi lain adalah mempunyai tingkat pertumbuhan yang sangat cepat, dalam sehari bisa mencapai 1,1 kg. kemudian berat atau bobot untuk sapi limosin jantan dewasa bisa mencapai 1,2 ton/ekor.

Sapi Brahman


Selanjutnya ada sapi Brahman, sapi ini berasal dari india dan berhasil di kembang biakkan secara pesat di amerika serikat pada tahun 1849. Di Negara As sapi Brahman di seleksi dengan baik sehingga menghasilkan sapi yang sangat bermutu. Kemudian setelah berhasil sapi Brahman di export ke luar negri termasuk Indonesia. dan di Indonesia pun dapat berjalan dengan baik dan sama dengan limosin sapi Brahman menjadi andalan para peternak sapi.

Sapi Brahman sendiri sering di sebut sapi super karena memiliki perototan yang bagus seperi limosin dan juga memiliki berat yang bisa mencapai 1 ton lebih. Harganya pun jelas lebih mahal jika di banding dengan sapi lokal atau sapi asli Indonesia. Dan Brahman termasuk kedalam jenis sapi potong atau pedaging dan sangat cocok di ternak di Negara kita Indonesia.

Untuk cirinya memiliki punuk yang besar dan memiliki kulit longgar bergelambir kebawah dari leher higga perut lebar, dengan banyak bentuk lipatan lipatan. Kemudian mempunyai kulit yang sangat beragam mulai dari warna coklat, putih dan sampai kehitaman. Brahman juga mempunyai keunggulan seperti tahan akan terhadap penyakit serta memiliki karkas yang sangat bagus.

Sapi bali


Jenis jenis sapi unggulan lainnya yang berada di Indonesia adalah sapi bali. Untuk jenis sapi bali mempunyai warna yang khas yang tidak di miliki oleh sapi lain yaitu terdapat warna putih di antara kedua kaki di bagian belakang. Untuk sapi pendet atau anakan sapi memiliki warna merah sawo matang apabila sudah dewasa akan berubah menjadi kehitam hitaman untuk sapi jantan sedangkan untuk sapi betina akan tetap tidak berubah.

Sapi bali masuk kedalam sapi pekerja, sebab sapi ini merupakan keturunan dari sapi liar dan banteng. Selain itu sapi ini memiliki bentuk tubuh yang kuat dengan pertototan yang besar dan stamina dayan tubuh yang sangat baik dan kuat.

Sapi Madura


Kemudian ada sapi Madura, jenis sapi ini merupakan hasil persilangan antara sapi Zebu (Bos Indicus) dengan sapi Banteng (Sondaicus). Sapi Madura sendiri merupakan salah satu jenis sapi pedaging dan pekerja, untuk sapi jantan memiliki sedikit punuk sedangkan untuk sapi betina tidak berpunuk. Memiliki tanduk kecil dengan lengkungan setengah bulan dan ujung tanduk menghadap ke depan. Kemudian warna pada sapi Madura berwarna merah bata baik itu jantan atau betina.

Dan untuk berat badan mencapai 350 kg/ekor dan tinggi rata rata pada sapi jenis ini mencapai 118 cm. walaupun memiliki bentuk yang kecil namun mempunyai stamina yang bagus.

Nah itulah Jenis Sapi Potong  Unggulan di Indonesia lengkap beserta Foto  lokal maupun non lokal yang berhasil di kembangkan di Indonesia baik itu sapi pedaging atau potong maupun sapi perah dan sapi pekerja. mudah mudahan dengan adanya referensi atau penjelasan mengenai jenis sapi dapat membantu anda semua dalam membedakan nama nama dan jenis sapi yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini, simak terus miefbird untuk mendapatkan informasi penting tentang pemelihaaran hewan ternak. Sampai jumpa !!!

Advertisement