5 Ayam Termahal Asli Indonesia Tembus hingga Rp 40 juta per Ekor

Advertisement
Advertisement
5 Ayam Termahal Asli Indonesia - Dalam beberapa tahun ini, Ayam menjadi salah satu hewan peliharaan yang harganya mampu mencapai Milyaran rupiah. Seperti Ayam Bangkok Ai Jae, yang merupakan ayam termahal di dunia yang berasal dari negara Thailand. Dikatakan sebagai ayam termahal karena harganya kuat menembus 1,2 milyar rupiah. Ayam ini menjadi jawara dalam sebuah Arena ayam aduan di tahun 2002. Namun, tidak semua jenis ayam bisa mendapatkan harga jual yang tinggi, hanya jenis ayam- ayam tertentu saja yang bisa mencapai harga mahal. Jika biasanya kita hanya merogoh kocek Rp 40 ribu hingga Rp 75 ribu untuk mendapatkan seekor ayam, namun harga itu tidak berlaku untuk lima ayam paling mahal di Indonesia ini.

Ya, di negara kita Indonesia terdapat jumlah ras ayam yang berhasil terpredikat sebagai ayam termahal di dunia dengan tampilan dan juga kepintaran, yang lebih baik jika dibandingkan dengan ayam- ayam jenis lain. Jika di Amerika Serikat, harga seekor ayam Cemani bisa dijual harga US$ 2.500 atau setara dengan Rp 28,08 juta. Tak kalah fantastis, harga ayam Cemani di Indonesia menembus Rp 40 juta/ ekor. Dengan harga jual yang melangit, keempat ayam ini memiliki pesona dan keunikan tersendiri. Sebutlah ayam Cemani yang kini diburu para kolektor ayam dunia. Ayam ini sangat spesial karena memiliki warna bulu, kulit, daging, darah sampai tulang-tulangnya hitam pekat.


5 Ayam Termahal Asli Indonesia Tembus hingga Rp 40 juta per Ekor


5 Ayam Termahal Asli Indonesia Tembus hingga Rp 40 juta per Ekor


Karena hanya sekujur tubuhnya berwarna hitam, menjadikan harga seekor ayam mahal hingga sampai menembus 40 jt. Namun Ayam Cemani ternyata salah satu dari kelima ayam yang paling mahal di Indonesia. Berikut 5 ayam termahal di Indonesia:

1. Ayam Ketawa


Bukan hanya orang yang bisa tertawa, ayam juga bisa. Tidak heran unggas yang satu ini diberi nama ayam ketawa. Suara kokoknya persis seperti orang yang sedang tertawa. Sementara bagi kamu yang tengah mencari hoki, ayam ini juga dipercaya masyarakat setempat dapat mendatangkan keberuntungan. Baca juga Panduan Praktis Cara Memelihara Ayam Kampung Pedaging.

Secara fisik, unggas yang juga dikenal dengan sebutan Ayam Jantan dari Timur ini hampir mirip dengan ayam kampung biasa. Mulai dari bentuk, ukuran, gerak-gerik dan warna warni bulunya menyerupai ayam kampung. Namun karena keunikannya itu ayam ini dibandrol seharga Rp 40 juta.

2. Ayam Pelung


Pada tahun 1850, di Desa Binikasih Kecamatan Warungkondang, Cianjur seorang petani bernama Djarkasih mendapati seekor anak ayam jantan di kebunnya. Hebatnya anak ayam ini tumbuh dengan pesat.

Ayam pelung ini harganya bisa Rp 20 juta, karena memiliki tiga sifat genetik yang cukup unik. Ayam jago tersebut berpostur tinggi dan memiliki suara kokok yang khas, panjang, mengalun dan berirama. Dan ayam ini juga tumbuh dengan cepat.

3. Ayam Jago Jalak


Ayam Jago Jalak, merupakan ayam aduan yang mampu mencapai harga 100 juta. Ayam Jalak, merupakan ayam lokal namun memiliki prestasi bagus dalam sebuah pertarungan. Jalak ini, sudah berkali kali menang dalam suatau pertarungan dan berhasil mengalahkan sejumlah jago import yang dianggap sebagai ayam andalan. Maaf bagi yang muslim sebaiknya kita ketahui bagaimana hukumnya menggadu/sabung ayam ini.

4. Ayam Kukuak Belenggek


Nama unggas ini masih jarang sekali didengar para pecinta ayam hias. Popuaritasnya pun masih kalah dibanding ayam ketawa dan ayam pelung. Meski memiliki suara kokok yang sama indahnya, rendahnya publikasi membuat nama kukuak belenggek masih asing.

Keunikan ayam ini terletak pada alunan suara kokoknya. Ayam asal Sumatera Barat (Sumbar) ini memiliki irama kokok bertingkat mulai dari 3 hingga 12 lenggek bahkan 19 lenggek. Kokok ayamnya pun terdiri dari 6-15 suku kata tergantung faktor genetik dan pelatihan yang diterimanya.

Dari keunikan yang dimiliki ayam ini membuat ayam ini memiliki harga yang cukup mahal, apalagi jika ayam ini diikut sertakan dalam sebuah lomba dan suaranya bagus, harganya berkisar Rp 20 juta – 40 juta.

5. Ayam Cemani


Berasal dari Kedu, Jawa Tengah, ayam cemani mampu menarik perhatian para penggemar ayam dari luar negeri. Bahkan seorang peternak asal Amerika Serikat (AS), banyak menerima pesanan untuk ayam ini. Keistimewaannya terletak pada warna tubuhnya yang serba hitam.

Bukan hanya bagian luarnya saja yang diselimuti warna hitam pekat, organ tubuh, kuku, serta dagingnya pun berwarna hitam legam. Bahkan lingkar matanya pun hitam. Keunikan tersebut yang membuat harganya melambung tinggi. Meski dijual seharga Rp 28 juta di AS, di Indonesia harganya bisa mencapai Rp 40 juta.


Advertisement