Cara Mengatasi Burung Anis Merah Susah Ngeplong

Advertisement
Advertisement
http://miefbird.blogspot.com/2015/09/cara-mengatasi-burung-anis-merah-susah.html


Cara Mengatasi Burung Anis Merah Susah Ngeplong - Anis merah memang menjadi salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari. Keindahan anis merah secara umum adalah mempunyai suara kicauan yang indah, gaya berkicau yang elegan, dan warnanya yang menarik.Namun di balik pesona itu, anis merah memiliki karakter yang agak berbeda dari burung kicauan lainnya. Jika jenis burung lainnya mudah terpancing untuk bunyi, tidak demikian dengan anis merah. Bahkan ada 
anggapan bahwa memelihara burung anis merah memerlukan kesabaran tingkat tinggi. Memang anis merah bisa sangat susah ngeplong karena beberapa faktor.Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit informasi  tentang "Cara Mengatasi Anis Merah Susah Ngeplong". Memang dalam merawat burung anis merah dibutuhkan kesabaran ekstra tinggi.

 Berikut ini beberapa cara mengatasi burung anis merah susah ngeplong.


1. Perhatikan pakan harian
Bagaimana rawatan harian anis merah anda? Apakah voer dan EF nya sudah mencukupi? Bisa jadi porsi EF yang anda berikan kurang tepat/tidak cukup. Nah untuk kasus anis merah yang hanya ngriwik dan tidak mau ngeplong, tambah porsi EF. Berikan pakan tambahan seperti larva serangga, UH, jangkrik, kroto, cacing tanah. Adapun buahnya antara lain pisang kepok, sawo, pepaya, salak, apel, pepaya. Cobalah memberikan EF yang bervariasi untuk AM anda.Barangkali sebelumnya EF-nya kurang.

2. Lingkungan yang tenang dan nyaman
Anis merah merupakan burung yang membutuhkan suasana yang nyaman. Untuk itu, perhatikan lingkungan sekitar anis merah anda. Bisa jadi anis merah tidak mau ngeplong karena lingkungan/suasana yang tidak kondusif. Caranya dengan memindah ke sangkar yang baru, atau digantang di lokasi yang baru. Di saat malam hari berikan full kerodong untuk anis merah. Dan anda
bisa memberikan terapi pengembunan agar anis merah cepat ngeplong.

3. Berikan multivitamin yang tepat
Anis merah pastinya membutuhkan nutrisi yang banyak dan lengkap. Dan itu harus kita cukupi agar anis merah cepat ngeplong. Nah berikan multivitamin secara rutin seminggu 2-3 kali untuk anis merah anda. Ada banyak multivitamin burung yang bisa anda dapatkan di toko burung terdekat anda.

4. Gunakan AM betina sebagai pancingan
Anis merah jantan jagoan anda belum juga ngeplong? Mungkin anda bisa memancing birahinya
dengan mendatangkan anis merah betina. Secara naluri, anis merah jantan pasti membutuhkan si
betina. Dan biasanya, jika anda anis merah jantan di dekatnya maka si anis merah jantan akan menunjukkan kebolehannya. Yaitu degan cara berkicau dan bergaya. Nah anda bisa mendekatkan anis merah betina di dekat sangkar anis merah jantan anda. Bisa dengan cara ditempelkan atau didekatkan saja. Atau jika tak punya AM betina, anda juga bisa menggunakan AM jantan yang sudah gacor sebagai pemancing. Namun jangan sampai saling melihat karena bisa down mentalnya.


Itulah beberapa Info tentang Cara Mengatasi Burung Anis Merah Susah Ngeolong .Semoga bermanfaat.

.Sallam Kicau Mania,,Sallam dari W@..



Advertisement